NOW ON AIR NOW ON AIR

10 Juta Orang "Live" di Facebook pada Malam Tahun Baru 2018


Motion ( 4/1), Lebih dari 10 juta orang di seluruh dunia menggunakan “ Facebook Live” untuk menyiarkan langsung kegiatan mereka di Malam Tahun Baru 2018 beberapa hari lalu. Angka itu meningkat 47 persen dibandingkan tahun sebelmnya.


Menurut Facebook, fitur “Live With” menjadi salah satu yang paling banyak dimanfaatkan. Fitur yang dirilis Facebook sejak pertengahan tahun lalu itu memungkinkan pengguna Live bersama teman.

Konsepnya seperti fitur panggilan video (video call) pada aplikasi chatting semacam WhatsApp atau Line, di mana dua orang bisa berkomunikasi secara langsung dengan medium video. Bedanya, interaksi interpersonal itu berbentuk siaran sehingga bisa dilihat khalayak Facebook lainnya.

Peningkatan penggunaan fitur Live With menunjukkan orang-orang bersemangat menghitung detik-detik menjelang pergantian tahun dengan teman atau keluarga, meski sedang berada di tempat berbeda.


Facebook memang tak mengumbar secara gamblang berapa jumlah pengguna yang menggunakan Live With pada Malam Tahun Baru 2017. Yang jelas, angkanya memecahkan rekor penggunaan Live With sejak pertama kali dirilis.

Sebagai gambaran, Facebook mengatakan penggunaan Live With kala itu lebih banyak tiga kali lipat dibandingkan hari-hari biasanya di bulan Desember, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (4/1/2018), dari situs resmi Facebook Media.

“Wow” merupakan reaksi yang paling banyak digunakan untuk menanggapi video-video Live di Facebook selama Malam Tahun Baru. Kendati begitu, tak dijabarkan lebih lanjut berapa pengguna yang melihat (view) video-video Live tersebut.


Sumber : kompas.com/lup




CONNECT WITH US