NOW ON AIR NOW ON AIR

Instagram Bakal Izinkan Pengguna "Download" Data Mereka




MOTION (13/4) - Instagram sedang menyiapkan tool baru, memungkinkan pengguna mengunduh semua konten yang telah mereka bagikan ke platform tersebut. Dengan begitu, pengguna bisa memiliki arsip portabel atas konten Instagram mereka.


“Anda akan segera bisa mengunduh salinan dari apa yang telah Anda unggah di Instagram, termasuk foto, video, dan pesan,” kata juru bicara Instagram.


Belum jelas apakah rekam aktivitas dan data detail semacam seperti likes, comments, maupun following dan followers bisa turut diunduh dengan tool tersebut atau tidak.


Instagram juga belum mengumbar tanggal pasti tool ini bisa dinikmati pengguna di seluruh penjuru. Yang jelas, kemampuan serupa sudah lebih lama tersedia di Facebook yang notabene adalah layanan induk Instagram.


Sejak 2010, Facebook memungkinkan pengguna mengunduh semua informasi yang pernah mereka bagikan. Beberapa di antaranya mencakup foto, pesan, iklan yang diklik, hingga rekam jejak aktivitas.


Tool seperti ini membuat pengguna lebih paham, seberapa banyak data yang mereka serahkan ke layanan media sosial. Apalagi, baru-baru ini terungkap insiden pencurian 87 juta data pengguna Facebook global yang menghebohkan netizen.


Selain itu, aturan baru dari Uni Eropa yang dinamakan “General Data Protection Regulation” (GDPR) mewajibkan jejaring sosial semacam Facebook dan Instagram memiliki alat data portable semacam itu, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (12/4/2018), dari TheVerge.


Bisa dibilang, langkah Instagram ini juga untuk memenuhi aturan GDPR tersebut. Pasalnya, aturan itu berlaku untuk semua pihak yang ingin menjangkau pasar negara-negara Uni Eropa.



Sumber : Kompas.com



CONNECT WITH US